Upaya Menguatkan Peran Pegawai Kontrak

Keberadaan pegawai kontrak (Outsourcing) di sebuah perusahaan merupakan satu kebutuhan yang saling menunjang dalam proses pemanfaatan sumber daya manusia. Dalam hal ini, perusahaan merasa terbantukan sebaga upaya melakukan dinamisasi rekruitmen.

Di perusahaan semen terbesar di Indonesia timur, PT. Semen Tonasa yang berkedudukan di desa Biringere, kecamatan Bungoro, Pangkep. Terdapat sejumlah perusahaan penyedia jasa karyawan kontrak (vendor) yang bergerak di pelbagai sektor.

Hal itu kemudian menjadi jalan bagi perusahaan vendor tersebut untuk saling menguatkan ke dalam sebuah forum komunikasi dan juga menjadi wadah bagi keberadaan karyawan kontrak. Maka disepekatilah pembentukan Federasi Serikat Pekerja Outsourcing PT Semen Tonasa (FSPOS-ST) pada Sabtu (12/11).

serikat-kerja-3
Suasana Mubes

 

Sekjend Serikat Karyawan Semen Tonasa, M. Abbas yang membuka langsung kegiatan yang diadakan di Gor Semen Tonasa II. Dalam sambutannya, ia mengimbau bahwa dalam berserikat harus mengedepankan dialog dan koordinasi antara pekerja, perusahaan vendor dan manajemen PT. Semen Tonasa. “Hal tersebut sebagai metode untuk menemukan solusi jika ada tantangan yang perlu diselesaikan secara bersama,” ucapnya.

Mubes pembentukan federasi ini dihadiri sekitar 800 an karyawan kontrak dari sejumlah perusahaan penyedia jasa seperti PT. Koperasi Karyawan (Kopkar), PT. Karya Santari, PT. Bulu Cindea Mandiri, PT. Baharu, PT. Esa, PT. Patriatama, dan PT. Prambon.

Muhajir Dahlan, ketua panitia dari PT. Pratama mengungkapkan kalau PT. Semen Tonasa menyambut baik pembentukan federasi ini  kala menyampaikannya ke pihak manajemen karena telah diberi ruang.

Pada musyawarah besar (Mubes) ini, Darwis dari PT. Prambon terpilih sebagai ketua umum yang disambut penuh harapan oleh seluruh peserta agar serikat federasi ini dapat menjadi lembaga yang menguatkan peran karyawan kontrak.

mm

Sibgatullah Halik

Staf pengajar di STAI DDI Pangkep. Wiraswasta

X

Pin It on Pinterest

X
Share This