Pangkep Initiative dan Semangat Pulang Kampung

 

Pangkep Initiative adalah organisasi pemuda yang bersifat nirlaba dengan fokus kegiatan pada bidang sosial dan pendidikan. Dengan latar belakang status daerah Pangkep sebagai kategori daerah teringgal, terluar, terdepan dan adanya semangat pulang kampung, Sehingga Pangkep Initiative terbentuk Februari 2015 lalu.

Dengan visi menjadi organisasi sosial di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan yang konsisten memberikan dampak positif bagi peningkatakan kesejahteraan masyarakat melalui pendidikan dan kegiatan sosial. Di Pangkep Initiative kami percaya bahwa setiap orang bisa memberikan kontribusi ke masyarakat melalui banyak hal yang sesuai dengan minat, bakal, dan sumber daya yang dimiliki.

Sejak tahun 2015, telah konsisten dalam melakukan gerakan sosial. Kegiatan perdana kami adalah penyelanggaraan seminar di sekolah menengah atas di Pangkep untuk memberikan dukungan moral kepada siswa-siswa tingkat akhir agar dapat tetap melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Dalam kegiatan itu kami menghadirkan alumni-alumni dari berbagai jurusan dan universitas untuk berbagi tips menembus perguruan tinggi negeri (PTN), memperoleh beasiswa, dan kiat-kiat dalam memilih jurusan.

Selain itu, program regular yang sudah berjalan selama satu tahun ini adalah Pangkep English Club. Klub ini bertujuan untuk memfasilitasi masyarakat Pangkep dalam melatih penggunaan Bahasa Inggris yang secara teori telah diperoleh di pendidikan formal. Program ini dilaksanakan setiap hari Minggu pagi di Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Pangkajene.

Untuk program literasi, Pangkep Initiative memulai dengan kegiatan Pustaka Berlayar, sebuah program yang membawa buku-buku berlayar ke pulau-pulau. Selain membuat perpustakaan mobile di pulau, ada juga program inspirasi dan donasi buku dan alat tulis. Setelah berkegiatan di pulau-pulau, saat ini Pangkep Initiative membuat program Pop-up Library di ruang-ruang publik di Pangkajene.

Hal yang unik dari kegiatan-kegiatan di Pangkep Initiative adalah kegiatannya didukung secara mandiri oleh relawan-relawan, hampir tanpa biaya dalam penyelanggaraan kegiatan, dan tanpa hal-hal yang seremonial. Prinsip kami dalam membuat sebuat program adalah bagaimana program tersebut mampu memberi dampak positif kepada masyarakat impactful, tidak membutuhkan biaya yang besar cost-efficient , dan dapat dilaksanakan secara mandiri dan berkelanjutan feasible / sustainable.

Sejak berdiri sampai sekarang ini, sudah banyak relawan yang bergabung di Pangkep Initiative. Baik relawan lokal, maupun relawan internasional. Kerjasama pun sudah banyak dijajaki dengan organisasi pemerintah dan non-pemerintah, baik dalam dan luar negeri, seperti Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah, Asia Europe Foundation, Co-Goodwil, Kelas Inspirasi dan sekolah-sekolah di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.

mm

Rahmat HM

Founder Pangkep Initiative

X

Pin It on Pinterest

X
Share This