Kami Bahagia Membuat Orang Tertawa

Perkembangan dunia hiburan yang pesat dewasa ini, berangkat dari meningkatnya kebutuhan masyarakat akan hiburan itu sendiri. Di Indonesia, khususnya, saat ini tengah berkembang hiburan lawak yang popular dikenal Stand up Comedy.

Stand Up Comedy (Komedi Tunggal) merupakan salah satu genre komedi yang menuntut aksi tunggal dari seorang Komedian (comic) untuk memberikan hiburan lawakan atau guyonan kepada penonton (one man show) dengan cara bagaimana mempertahankan pendapat terkait dengan hal yang ia utarakan. Tak hanya sekadar guyon, namun juga berbagi ilmu, fakta serta cara pandang akan bebagai hal adalah menjadi bagian dari Stand Up Comedy.

“Memberikan inspirasi tidak harus selalu dalam bentuk training atau tulisan. Ada gaya baru, yaitu stand up comedy. Menghibur sekaligus memberikan inspirasi yang mencerahkan”. Kami sepakat dengan quote ini.

Stand Up Indo Pangkep sendiri hadir sebagai wadah berkumpulnya para pencinta Stand Up Comedy di Kabupaten Pangkep. Walau masih berusia 10 bulan, komunitas ini sudah cukup menarik perhatian dari pelbagai kalangan maupun komunitas lain. Niat pembentukan Stand Up Indo Pangkep sebenarnya sudah ada sejak 2013 silam. Namun, baru tercapai pada tahun 2015 setelah lomba Stand Up Comedy tingkat pelajar dilaksanakan oleh gabungan lembaga mahasiswa STAI DDI Pangkep di kegiatan tahunannya, Kampoeng Kreativitas. Lomba ini berhasil menyulut rasa optimis saya bersama dua kawan, Ratna dan Archut untuk segera membentuk komunitasnya.

Dengan modal ini, kami mengajak teman lain untuk melaksanakan Open Mic perdana di Ice Corner Pangkep, pada Sabtu, 30 Mei 2015 bertajuk Sudut Tawa dengan menampilkan beberapa komika: Ardi, Andika, Dhanilo, Syaiful, Sarid, Yudha , Rahman dan Archut. Setelah berjalan beberapa bulan, Stand Up Indo Pangkep melaksanakan Stand Up Comedy Competition (SUCC) 1 yang merupakan salah satu item lomba dalam Pekan Kreativitas VIII IPPM Pangkep UNHAS. Dalam hal ini, Stand Up Indo Pangkep ditunjuk sebagai partner kegiatan.

Selanjutnya, Stand Up Indo Pangkep kembali menggelar Stand Up Mini Show, Kusuka Tawwa pada akhir Agustus di Merah Putih Cafe yang menampilkan Dhaniio, Adhe, Ratna, Baya, Archut dan saya sendiri. Di kesempatan ini juga tampil Rumput Band. Selanjutnya menggelar Stand Up Mini Road Show Back to School di akhir Oktober di SMAN 1 Pangkajene.

Kru Stund up Indo Pangkep bersama Abdur di Acara Stand Up Nite I Pangkep
Kru Stand Up Indo Pangkep bersama Abdur dan Arif Brata di Acara Stand Up Nite I Pangkep

Pada bulan September, Stand Up Indo, sebagai induk komunitas seluruh Indonesia mengadakan kompetisi Street Comedy dan Stand Up Indo Pangkep sendiri mengikutkan dua perwakilannya untuk seleksi tingkat regional Sulawesi di Makassar. Namun, kandas di tahap awal. Di bulan November, Archut, dipercaya tampil sebagai pembuka pada Stand Up Comedy Festival in Celebes. Festival ini dihadiri 15 Komunitas seantero pulau Sulawesi.

Untuk melebarkan sayap, Stand Up Indo Pangkep menggelar rekrutmen anggota baru di akhir Desember. Tak hanaya itu, komunitas ini juga telah banyak mengisi kegiatan lain semisal acara tahun baru, pensi sekolah, try out, seminar dan kegiatan lainnya.

Pada 20 Maret 2016, Komunitas ini menggelar event besar pertamanya, Stand Up Nite I Pangkep dengan menghadirkan dua komika nasional, Abdur SUCI 4 Kompas TV dan Arif Brata Street Comedy 5 di ruang Pola Pemda Pangkep. Selanjutnya, komunitas ini akan menyiapkan Aniversary pertama pada bulan Mei 2016.

Ke depan, kami berharap komunitas Stand Up Indo Pangkep hadir sebagai alternatif hiburan, bukan hanya untuk warga Pangkep tetapi untuk seluruh masyarakat. Kami bahagia membuat orang tertawa.

mm

Ahmad Ardian

Desainer lepas. Aktif di beberapa komunitas kreatif di Pangkep: Stand up Indo Pangkep, Kunamedia, dan Projecta

X

Pin It on Pinterest

X
Share This