Harus Baju Baru, Jangan Baju Lama

Serba baru. Hal inilah yang dirindukan khususnya kalangan anak-anak, tetapi pada umumnya hal serba baru, baju baru, sepatu baru, celana baru, jelang Idulfitri juga dirindukan kalangan anak muda dan orang tua.

Idul Fitri sudah tidak lama, terhitung sepekan lagi. Sebenarnya bisa juga cukup berpakaian sebaik mungkin dan itu perlu. Tak usah membeli baju baru demi tampil menawan di Hari Raya Idulfitri. Tapi nggak salah, selama keuangan mencukupi. Yang salah itu pakai baju baru sambil pamer merek mahal. Ha…ha….ha…..

Seorang muslim dianjurkan mempersiapkan hari raya dengan pakaian yang terbaik saat mengunjungi keluarga dan kerabat. Tradisi ini termasuk bentuk kegembiraan umat muslim usai menjalani ibadah puasa sebulan lamanya. Di Indonesia sendiri, tradisi mengenakan baju baru telah dikenal sejak tahun 1596. Dijelaskan dalam sebuah buku Djoened Poesponegoro dan Nugroho Notosusanto bahwa mayoritas penduduk di bawah kerajaan Banten sibuk mempersiapkan baju baru jelang hari raya.

Tradisi umat muslim jelang lebaran dengan serba baru juga pernah dipopulerkan melalui lagu di tahun 90-an oleh Dhea Ananda.

Lirik Baju Baru – Dhea Ananda
Baju baru Alhamdulillah
Tuk dipakai di hari raya
Tak punya pun tak apa-apa
Masih ada baju yang lama

Sepatu baru Alhamdulillah
Tuk dipakai di hari raya
Tak punya pun tak apa-apa
Masih ada sepatu yang lama

Potong ayam Alhamdulillah
Tuk dimakan di hari raya
Tak ada pun tak apa-apa
Masih ada telur ayamnya

Bikin kue Alhamdulillah
Tuk dimakan di hari raya
Tak bikin pun tak apa-apa
Masih ada singkong gorengnya

Hari raya idulfitri
Bukan untuk berpesta-pesta
Yang penting maafnya lahir batinnya

Untuk apa berpesta-pesta
Kalau kalah puasanya
Malu kita kepada Allah yang esa.

Untuk saat sekarang pun nggak repot untuk memilih baju – baju, celana – celana yang baru. Pelbagai toko dan tempat sudah menyediakan sejak pekan lalu, Bahkan diskon – diskon pun sudah marak di mall. Sisa Anda punya uang atau tidak…. Hihihiiiiiiiii.

Saya percaya, dengan serba baru untuk anak-anak, Mereka akan pede, nggak minder sama tetangganya, Dan lebih memaknai dan menikmati Idulfitri.

mm

Badauni A Palinrungi

Dikenal sebagai anak muda yang doyan berbicara KBBI

X

Pin It on Pinterest

X
Share This