Dua Buku di Hari Buku Nasional

Rumah Saraung bukanlah rumah makan sebagaimana disematkan seseorang ketika kami memesan stempel. Rumah Saraung merupakan proyek penerbitan buku indie. Bagian dari program saraung dot com.

Sejak beberapa bulan lalu, kami menggarap dua naskah untuk diterbitkan sebagai buku. Pertama, kurasi sejumlah naskah yang pernah tayang di website ini sebagai kado ulang tahun saraung dot com yang pertama, jatuh pada 21 Maret 2017. Tepat ketika Yu Patmi, petani Kendeng yang meninggal pada tanggal yang sama.

Muatan buku dibagi tiga tema: Kampung Kita, Komunitas, dan Paragraf sesuai nama rubrik naskah itu dimuat. Tidak semua naskah di Paragraf dan Komunitas dirangkum karena sejumlah pertimbangan. Demikian juga di Kampung Kita.

Kedua, buku kumpulan catatan Nhany Rachman Khan, aktivis perempuan asal Pangkep. Muatan buku terbagi ke dalam tiga bagian: Kuliner, Peristiwa, dan Perjalanan. Hal itu mengacu pada aktivitas Nhany yang doyan makan, dikenal pula sebagai perempuan dengan segudang aktivitas, dan tentunya, senang melakukan perjalanan, baik itu mewakili lembaga dimana ia bernaung maupun perjalanan pribadi.

Kedua buku ini sudah naik cetak dan akan beredar beberapa hari kedepan. Dan, pada akhirnya, semoga penerbitan buku ini menjadi tabungan literasi yang coba dibangun di Pangkep.

X

Pin It on Pinterest

X
Share This