Berdaya Bersama Pohon Jabon

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan salah satu produk pemberdayaan berbasis masyarakat  Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) yang sudah mulai berjalan sejak tahun 2007. Program ini fokus pada peningkatan pendidikan dan kualitas kesehatan.

Meski sudah berjalan cukup lama, program ini baru masuk di Pangkep di tahun 2013. Dalam menjalankan program di tingkat kabupaten, Kemensos RI melibatkan Dinas Sosial di masing-masing kabupaten. Selanjutnya Dinas Sosial membentuk Unit Pelaksana Program Keluarga Harapan (UPPKH) sebagai pelaksana program.

Kehadiran PKH bertujuan memutus mata rantai kemiskinan dengan menjadikan pendidikan dan kesehatan sebagai tolak ukur. Setiap tiga bulan sekali, peserta PKH mendapat bantuan tunai yang diukur berdasar kehadiran anak peserta yang terlibat aktif pada fasiltas pendidikan dan kesehatan.

Namun, PKH juga juga melakukan upaya lain bersifat berkesinambungan yang dapat menjadi aktivitas masyarakat secara mandiri. Pada Selasa, 10 Januari, bertempat di Kantor Kecamatan Bungoro dilakukan pembagian 1.000 bibit pohon jabon merah kepada peserta PKH. Diharapkan penanaman pohon jabon berandil dalam penyegaran oksigen dan juga menjadi usaha bernilai ekonomi mengingat pohon jabon menjadi bahan menunjang industri furnitur.

 

camat-bungoro-dan-koor-pkh
Koordinator PKH Pangkep, Ramzah, S.PdI menyerahkan bibit pohon jabon. Duduk, camat Bungoro, A. Hayatuddin Addinas menanti giliran memberikan pohon serupa seusai pembekalan mengenai program pembagian 1.000 pohon jabon kepada peserta

 

pohon-jabon
Pendamping PKH Kabupaten Pangkep sedang memilah pohon jabon untuk dibagikan ke peserta. Bibit pohon didapat dari Balai Pembenihan Tanaman Hutan (BPTH) Makassar.

 

peserta-menerima-pohon
Peserta antre menerima pembagian pohon jabon merah. Pohon ini menyanggah industri furnitur menggantikan pohon sengon. Sejumlah perusahaan penyedia bahan furnitur membudidayakan pohon jabon karena dapat dipanen di usia 4 atau 6 tahun. Taksiran nilai pohon jabon bisa mencapai Rp. 700.000,- hingga Rp. 1.200.000,- perbatang. Nilai jual bisa lebih tinggi jika ukuran diameter lebih besar.
mm

Satriawaty

Pendamping lapangan PKH (Program Keluarga Harapan) dan aktif di Pangkep Initiative

X

Pin It on Pinterest

X
Share This